Sunscreen Dengan Formula yang Disesuaikan Dengan Kebutuhan Kulitmu—REVIEW Base Ultra Matte Natural Sunscreen

by - May 06, 2021

I’m sooo happy bisa jadi salah satu orang yang bisa lebih dulu cobain sunscreen ini! Aku dapat kesempatan ini dari Early Access-nya Female Daily Network. Waktu awal aku terima produknya, saking excited-nya, aku langsung buat video dan upload ke Instagram juga Twitter. Ternyata reaksinya luarrr biasa banget, sampai ada beberapa orang yang repost saking mereka juga excited atas adanya produk ini!

Eh, btw, di sini aku posisinya kecolongan udah upload duluan, padahal ternyata baru boleh di-upload beberapa hari setelahnya. I feel so bad although it was an honest mistake, aku baru dikabarin kalo seharusnya gak boleh di-upload dulu tuh sehari setelah aku terima barang dan up kontennya. Jadinya langsung aku takedown setelah itu dan re-upload kembali setelah dikabarkan bahwa sudah boleh di-upload. I’m so sorry ya, Base! :(

Anyway, produk yang bikin orang-orang sampe gempar ini adalah Ultra Matte Natural Sunscreen dari Base! Just in case ada yang belum tau, Base adalah merk skincare lokal yang produk-produknya tuh dipilihkan sesuai dengan jenis kulitmu. Mekanismenya adalah kalian masuk ke web-nya Base dan ikutin skin quiz, lalu mereka akan generate produk mana sih yang dibutuhkan oleh kulit kalian. Canggih, ya!

Oh ya, untuk sunscreen ini memiliki kandungan SPF50 PA+++ yang berarti proteksinya maksimal. Bahkan kalian yang kebanyakan melakukan aktivitas outdoor pun ga perlu khawatir dan bisa banget pakai sunscreen ini—yang penting selalu ingat untuk re-apply!

Aku yakin kalian udah pada penasaran banget, jadi sekarang langsung masuk ke review-nya aja, ya!

Price

IDR169,000 untuk 45g.

Where to buy

Brand official website

PAO

6 bulan.

Packaging

Tube plastik berukuran medium, menggunakan tutup ulir, dan berwarna ungu dan oranye. Kombinasi warna serta desainnya cute bangeet!

Scent

Ada sedikit aroma khas sunscreen, tapi subtle banget sih jadi ga mengganggu.

Texture & Finish

Saat awal di-dispense, teksturnya terlihat seperti cream yang padat. Namun, setelah dibaurkan, terasa ringan dan kepadatannya medium (nggak gitu berisi tapi nggak cair lotion-like juga). Kasih hasil akhir soft matte.

Untuk foto di atas, niat awalku adalah bikin komparasi dari dua sunscreen Base yang aku punya, tapi ternyata aku gak nemuin perbedaan dari segi tekstur antara dua produk ini. Yup, aku dapat dua karena yang pertama itu salah kirim sehingga aku dikirimkan satu produk lagi, deh.

source: skincarisma.com

Ingredients

Water, Dicaprylyl Carbonate, Nylon 6/12, Octocrylene, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Zinc Oxide, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Monostearate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Acrylates/C12-22 Alkyl Methacrylate Copolymer, Aminomethyl Propanol, Aluminum Starch Octenylsuccinate, C15-19 Alkane, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Glycerin, Rubus Idaeus (Raspberry) Leaf Extract, Ribes Nigrum (Black Currant) Leaf Extract, Tocopheryl Acetate (Vitamin E), Ceteth-10 Phosphate, Dicetyl Phosphate, Hydroxyacetophenone, Canola Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Arginine, Coco-glucoside, Disodium EDTA, Ectoin, Ethylhexylglycerin, Disodium Lauryl Sulfosuccinate, Sodium Dilauramidoglutamide Lysine, Daucus Carota Sativa (Carrot) Seed Oil, Bisabolol, Magnesium Chloride, Beta-Carotene, Daucus Carota Sativa (Carrot) Root Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Sorbic Acid, Phenoxyethanol, BHT

Great IngredientComedogenic / Fungal Acne TriggerBe Aware

Claims

Lightweight and non-sticky
Yes.

Leaves no white residue
Yes.

Comfortable matte finish, suitable for tropical climates
Yes.

Controls sebum production
Yes.

Brighten the pale and dull complexion
Maybe. I mean, penggunaan sunscreen pasti ngebantu kulit jadi ga makin kusam, kan?

Soothes skin’s redness due to irritation and inflammation
Maybe. Aku ga ngerasa produk ini bekerja semaksimal soothing serum (and I never expect it to be like that, sih), namun penggunaan sunscreen yang rutin di siang hari memang dapat membantu kulit yang inflamed jadi lebih cepat mereda.

Tackles the UVA / UVB rays
Technically, yes.

Protects against blue light
Technically, yes.

Prevents skin damage due to pollution and free radicals
Technically, yes.

Thoughts

Aku belum coba banyak sunscreen yang berbeda, jadi aku nggak bisa compare produk ini dengan beragam produk sunscreen lainnya. Namun, sejauh ini, sunscreen ini adalah sunscreen yang paling nyaman digunakan di kulitku kombinasi normal-berminyak!

Aku suka banget sunscreen ini karena cepat menyerap tanpa ninggalin residu apapun di kulit. Nggak ada lapisan yang berminyak, white cast, maupun aroma yang menyengat & mengganggu. Selain itu, teksturnya terasa ringan dan nggak lengket di kulit, pilling pun enggak pernah kualamin sejauh ini. Bagi aku yang selama ini pakai sunscreen yang sama selama 1.5 tahun, sunscreen ini jadi berasa seperti angin segar buatku.

Alasan aku nggak pernah ganti produk sunscreen selama ini adalah karena aku merasa udah cocok dengan sunscreen tersebut. Selain itu, tiap kali aku mau coba sunscreen lain, pasti bersamaan dengan jadwal aku harus cobain skincare baru untuk di-review. Mengingat sunscreen adalah step yang nggak mungkin di-skip, jadi aku memutuskan untuk repurchase produk yang sama dengan yang sebelumnya aja deh untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya breakout.

Kembali ke review sunscreen Base…
Selain hal-hal positif yang sudah aku sebutkan di atas, produk ini juga punya kelebihan dari bahan-bahan yang digunakan. Di dalam sunscreen ini terdapat ekstrak dari wortel (carrot) yang dapat menangkal blue light serta memudarkan kekusaman pada wajah, ekstrak dari daun blackcurrant dan raspberry yang membantu mengurangi komedo dan jerawat, serta ectoin untuk membantu menjaga kulit dari paparan polusi sehari-hari.

Untuk saat ini, Base hanya memiliki satu varian ini saja. Kata adminnya sih soon akan ada varian lain yang sepertinya lebih ditujukan bagi pemilik kulit kering. Yay to that! Sementara menunggu varian tersebut available, kalian pasti penasaran kalau varian ini tuh bisa dipakai di jenis kulit apa aja, sih? Varian ini menurutku masih bisa digunakan hingga pemilik kulit normal to dry, tapi aku kurang yakin bakal cocok bagi yang kulitnya dry hingga very dry.

Salah satu hal yang bikin aku agak kesusahan adalah ujung dispenser-nya yang kecil (maap, aku ga tau namanya apa). Ini membuat kalau mau pakai dengan “dosis” yang seharusnya kita perlu dispense lebih banyak. Apabila menggunakan sunscreen yang sebelumnya, aku hanya perlu pencet dan keluarkan sebanyak 2 kali, sementara menggunakan sunscreen dari Base ini harus 4x untuk mencapai volum yang sama. Not a big deal, tapi aku rasa tetep sebaiknya aku kasih tau aja di review ini.

Hingga kemarin, aku masih berpikir kalau produk ini nggak ada major minus-nya. Namun pagi ini aku menemukan salah satu kekurangan besarnya di kulitku.

Sejak beberapa minggu lalu, aku merasa makeup-ku nggak mau nempel dengan baik dan jadi patchy & separated banget. Aku kira karena kulitku kurang eksfoliasi, jadi aku langsung lakukan hal tersebut. Nggak ngaruh juga, aku kira karena produk skincare lain yang baru aku coba. Nggak sekalipun aku kira sunscreen ini penyebabnya.

Kemarin aku tiba-tiba penasaran, apa jangan-jangan karena sunscreen ini? Jadi tadi pagi aku coba makeup-an di kulit tanpa sunscreen ini, dan ternyata hasilnya memang lebih smooth dan nggak as patchy. Memang sih masih agak crack di sana sini (aku rasa sponge aplikatornya juga berpengaruh banget bikin makeup jadi nggak terlalu rapi), tapi seenggaknya enggak keangkat dan kegeser seperti kemarin-kemarin ketika aku apply makeup di atas sunscreen ini.

Aku rasa hal ini bisa diatasi dengan coba tunggu lebih lama hingga sunscreen-nya nge-set sebelum apply makeup. Dengan cara ini, makeup jadi lebih mudah nempel. This might be a major minus point untuk kalian yang sering buru-buru dan selalu pakai makeup. Jadi, apabila hal ini terjadi juga di kulit kalian, usahakan spare sedikit waktu tambahan yah.

Overall, aku suka produk ini! Memang ia memiliki satu kekurangan yang cukup besar, tapi as a sunscreen alone menurutku produk ini bagus banget.

Suitable for

Seluruh jenis kulit. Untuk yang memiliki permasalahan fungal acne bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Pros

+ terasa ringan & gak gerah di kulit
+ gak bikin kulit jadi berminyak maupun kering
+ SPF50 PA+++
+ harga terjangkau banget mengingat isinya banyak
+ nggak mudah pilling
+ produk lokal

Cons

- bikin makeup jadi susah nempel dan geser kalau nggak ditunggu sekitar 15-20 menit hingga nge-set
- karena ujungnya kecil, produk yang keluar jadi lebih sedikit. Jangan lupa untuk pakai lebih banyak agar mencapai volum yang seharusnya digunakan!

Overall rating
4/5


DISCLAIMER: I’m not a doctor, chemist, nor an expert. I mark the ingredients as green, yellow, or red based on Skincarisma and/or my own knowledge, and probably biased by my preference. Please also note that some ingredients can be both good and bad depends on your skin type and preference. I tell this product is suitable for people who I THINK would suit it. I do this to make it easier for newbies. Please do your own research too and find which ingredients suit (or don’t work well on-) your skin!

*early access
Produk diberikan oleh merk yang bersangkutan dan Female Daily dengan timbal balik berupa review, namun hal itu tidak mengubah penilaian saya terhadap produk yang bersangkutan.

**link afiliasi
Dengan membeli produk melalui link ini, saya mendapatkan sedikit komisi dan kalian telah membantu saya sebagai creator.


PR & collab friendly, please contact me through e-mail or Instagram DM

You May Also Like

2 comments

  1. Kemasan Base lucu banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeet, warnanya juga bright & fun, bikin happy liatnya :)

      Delete