Rekomendasi Lipstik Lokal & Murah—REVIEW Imac Cosmetics Lip & Cheek dan Lip Mousse

by - May 01, 2021

Setelah beberapa lama nggak coba-coba lipstik, kali ini aku mau kembali explore produk lipstik lokal lainnya! Jujur, belakangan aku udah agak jenuh sama liquid lipstick, jadi aku penasaran sama yang bentukannya bullet alias lipstik “tradisional.”

Aku mau ngenalin merk lokal yang baru aja rilis bulan Juli tahun 2020 lalu, yaitu Imac*! Imac ini tergolong masih baru banget, sehingga mereka baru punya dua produk yaitu Lip & Cheek yang berbentuk bullet lipstick dan Lip Mousse yang berupa liquid lipstick. Meskipun baru dua produk, namun satu produknya masing-masing punya lima shades yang berbeda, lengkap banget ngga tuuuh~ Menariknya, produk-produk mereka ini dibuat dengan berkolaborasi dengan influencers, lho.

Di kesempatan kali ini, aku cobain dua produk Lip & Cheek dan dua Lip Mousse. Untuk Lip & Cheek aku memilih shades Lady Kate dan Rose Velvet, sementara untuk Lip Mousse aku mengambil shades Pink Peony & Victoria Candy. Kalau kalian penasaran dengan review-nya, please keep on reading!

• Lip & Cheek in Lady Kate & Rose Velvet •

Price

IDR38,500 untuk 3.5g.

Where to buy

Online:

Shopee**
Lady Kate
Rose Velvet

Tokopedia**
Lady Kate
Rose Velvet

Whatsapp (dapat dicek melalui akun Instagram Brand)

Offline:

-

Packaging

Tube plastik berwarna hitam matte. Tutupnya ini kenceng banget, jadi harus pakai tenaga kalau mau buka. It’s a good thing sih, karena berarti nggak akan mudah longgar sehingga aman kalau dibawa-bawa.

Coverage, Longevity & Colour

Menurutku, Lip & Cheek ini termasuk medium coverage yang berarti saat dioles satu kali sudah lumayan menutupi warna asli bibir. Warnanya buildable, sehingga nggak perlu khawatir kalau memang ingin benar-benar menutupi warna bibir seutuhnya.

Ketahanannya sama aja seperti kebanyakan bullet lipstick lainnya yaitu nggak transferproof, berpotensi jadi agak kering kalau sudah dipakai dalam waktu yang lama, dan bakal hilang setelah makan. Tapi, bagusnya, Lip & Cheek ini kasih sedikit stain di bibir sehingga, kalaupun lipstiknya sudah memudar, bibir tidak jadi kelihatan terlalu pucat.

Warna untuk shade Lady Kate adalah light neutral-nude, cenderung agak peachy-brownish ketimbang pinkish. Warna ini jadi warna MLBB untukku, tapi terkadang agar terlihat lebih segar biasanya aku bikin ombré lips dengan menambahkan shade Rose Velvet di bagian inner lips. Bisa aja sih single-use warna ini. Tapi, kalau mau kelihatan nggak terlalu pucat, bisa imbangin dengan eye look yang lebih heavy.

Rose Velvet adalah shade dengan warna medium red. Warna merahnya nggak vibrant sehingga nggak terlihat norak ketika digunakan. Aku rasa warna ini bakalan cantik dipakai full lips, tapi aku pribadi prefer untuk pakai sebagai inner lips colour aja.

Texture & Finish

Hasil akhir dari bullet lipstick ini soft matte. Teksturnya nggak powdery, malah berasa buttery dan lembut banget.

Thoughts

Sejauh ini, sepertinya Lip & Cheek dari Imac ini adalah salah satu bullet lipstick dengan formula terenak yang pernah aku coba! Berdasarkan pengalamanku (meskipun nggak banyak), kalau nemuin lipstik yang creamy & buttery pasti rentan patah banget dan terkadang jadi terlalu “lembek” saat digunakan. Sementara kalau menemukan yang density-nya pas, eh ternyata terlalu kering dan pigmentasinya nggak rata.

Nah, Lip & Cheek ini punya semua kualitas yang aku cari di sebuah bullet lipstick. Pigmentasinya oke, teksturnya buttery tanpa jadi terlalu lembek, dan density dari lipstiknya sendiri itu juga pas sehingga nggak mudah patah. Selain itu, dua warna yang aku pilih ini bagus-bagus banget either dipakai sendiri-sendiri atau digabung dan dibuat menjadi ombré!

Hasil yang dikasih juga menurutku bagus. Warna di bibir terlihat smooth dan nggak menggumpal saat setelah diaplikasikan. Beberapa waktu lalu aku sempat bikin Instagram story saat menggunakan produk ini, coba deh dicek untuk lihat seberapa smooth hasilnya! Pasti kalian bakalan pengen coba, hahaha.

Oh iya, aku hampir lupa untuk kasih tau kalau untuk shade Lady Kate ini adalah warna kolaborasi Imac dengan Wulan Wu dan shade Rose Velvet adalah warna kolaborasi dengan Vici Sienna. Selain dua warna ini, Lip & Cheek memiliki 3 warna lainnya yang bisa langsung kalian cek di Instagram mereka!

Suitable for

Seluruh warna kulit. Namun, untuk shade Lady Kate mungkin akan terlihat agak pucat di warna kulit yang lebih gelap dari medium.

Pros

+ tekstur yang buttery & creamy tapi tetap nggak “lembek”
+ kasih hasil akhir yang terlihat smooth
+ warna dua shades ini cantik dan compliment each other
+ produk lokal
+ nggak mudah patah
+ tutup packaging kuat, sepertinya ga akan mudah longgar
+ harga terjangkau

Cons

Sejauh ini nggak ada!

Overall rating
5/5


• Lip Mousse in Pink Peony & Victoria Candy •

Price

IDR46,500 untuk 5g.

Where to buy

Online:

Shopee**
Pink Peony
Victoria Candy

Whatsapp (dapat dicek melalui akun Instagram Brand)

Offline:

-

Packaging

Tube plastik berwarna hitam matte. Wand atau aplikator yang digunakan berbentuk doe-foot namun agak panjang dan lebih “kurus.”

Coverage, Longevity & Colour

Lip Mousse ini lumayan nge-cover bibir, bisa dikatakan medium coverage juga sama seperti Lip & Cheek. Namun, khusus untuk shade Pink Peony, pemakaiannya agak tricky dan harus teliti karena kalau di-layer maka pigmen yang sudah ada di bibir malah bisa ikut terangkat.

Ketahanannya standar lip mousse pada umumnya yaitu memudar setelah makan, agak transfer-proof, dan enggak smudge-proof. Hal yang membedakan lip mousse ini dengan yang lain adalah karena memberi sedikit tint, sama seperti produk Lip & Cheek mereka. Ini membuat bibir jadi nggak begitu pucat ketika pigmen Lip Mousse di bibir sudah mulai menipis.

Warna dari Pink Peony ini adalah light pinkish-nude. Warnanya sedikit terang di kulit medium-ku, jadi aku cuma menggunakan warna ini sebagai warna dasar ombré lips aja.

Victoria Candy adalah warna yang lebih aku suka, yaitu medium mauvy-pink. Warna ini bisa dijadikan sebagai warna inner untuk ombré lips maupun digunakan sendiri. Warna seperti ini dapat membuat wajah jadi terlihat lebih segar meskipun makeup lainnya cenderung simple dan ringan.

Texture & Finish

Tekstur dari produk ini agak creamy, tapi nggak fluffy. Jadi ketika diaplikasikan terasa cair dan sedikit creamy, nggak whipped seperti kebanyakan lip mousse lainnya. Ketika awal diaplikasikan, Lip Mousse ini kasih hasil satin finish hingga beberapa saat kemudian berubah menjadi soft matte finish.

Thoughts

Produk ini termasuk bagus juga, tapi aku personally lebih suka si Lip & Cheek. Mungkin karena aku lagi agak bosen sama liquid lipstick ya, seperti yang udah aku bilang di intro.

Produk ini enak digunakan karena ringan di bibir dan nggak berasa kering. Namun, untuk Lip Mousse ini, aku saranin menggunakannya per bibir dan jangan satukan bibir sebelum liquid-nya kering. Kalau gak sengaja menyatukan bibir saat lipstik masih basah, kemungkinan kalian menemukan lapisan yang sedikit menggumpal dan menebal. Apabila udah keburu seperti itu, kalian bisa kok atasin dengan cara blot menggunakan 1 ply tisu atau diratakan dengan cara di-tap menggunakan jari. Menurutku ini no big deal sih karena nggak jarang aku menemukan “permasalahan” seperti ini di produk liquid lipstick lain. Plus, kemungkinan kalian terganggu akan hal ini hanya jika kalian sama seperti aku level perfeksionisnya, hahaha :D

Seperti yang sudah aku tuliskan di bagian coverage, untuk shade Pink Peony memang pigmennya agak mudah terangkat saat masih basah. Hal ini sering banget terjadi di lipstik yang berwarna terang, jadi aku nggak begitu kaget. Salah satu cara biar pigmennya rata adalah melapisi satu layer lagi setelah layer pertama sudah kering. Nggak perlu khawatir melakukan hal ini karena Lip Mousse ini ringan, di-layer pun nggak akan bikin bibir berasa “tebal” dan “berat.” Shade Victoria Candy sih nggak ada masalah, dan aku suka banget warna ini karena bisa banget digunakan sendiri tanpa kelihatan norak.

Kalau Lip & Cheek itu merupakan hasil kolaborasi dari influencers yang berbeda-beda (satu warna = kolaborasi dengan satu influencer), kelima warna Lip Mousse ini adalah hasil kolaborasi Imac dengan Uly Novita. Pasti sudah banyak yang tau nih siapa Uly Novita karena dia selalu share makeup art yang keren-keren banget di akun Instagram-nya! Terlepas dari produk ini adalah kolaborasi dari Uly Novita, aku merekomendasikan produk ini bagi kalian yang emang udah penasaran, terutama si shade Victoria Candy!

Suitable for

Seluruh warna kulit, namun warna Pink Peony mungkin akan terlihat terang dan agak neon di warna kulit yang cenderung lebih gelap dari medium.

Pros

+ ringan, bahkan ketika di-layer sekalipun
+ pilihan warnanya bagus-bagus
+ produk lokal
+ harga terjangkau

Cons

- pigmen dari shade Pink Peony berpotensi jadi kurang rata ketika digunakan satu layer saja

Overall rating
3.5/5


**link afiliasi
Dengan membeli produk melalui link ini, saya mendapatkan sedikit komisi dan kalian telah membantu saya sebagai creator.


PR & collab friendly, please contact me through e-mail or Instagram DM

You May Also Like

0 comments