Bali Local Skin Care Haul! Bali Ayu, Bali Blossom, Bali Alus [REVIEWS] (BAHASA INDONESIA)

by - July 06, 2019

Hey guys, welcome back! Beberapa minggu lalu aku pulang ke daerah asalku yaitu Bali. Aku sudah merencanakan beli beberapa beauty products lokal karena Bali kan terkenal banget sama produk-produk skincare/aromaterapi/spa lokalnya ya, seperti Bali Alus, Bali Ratih, Utama Spice, Herborist, atau yang paling baru adalah Sensatia Botanicals. Aku beruntung karena Pesta Kesenian Bali (PKB) diadain di bulan Juni dan mulainya pas aku masih di Bali. PKB adalah acara seni yang diadakan tiap tahun. Selain menampilkan pertunjukan seni, ada juga stand-stand makanan dan tenant-tenant lokal yang menjual produk-produk spa, sandal dan/atau tas handmade, kain-kain tradisional, dan lain-lain. Tepat lah PKB ini sebagai my go-to event untuk mencari produk yang aku incar. Anyway, sayangnya aku nggak nemuin banyak tenant beauty/spa… Ada sih satu brand yang bikin aku tertarik, dan aku dapet banyak barang di sana. Aku nggak puas dengan pilihan brand yang terbatas di PKB, jadi aku coba ke tempat-tempat lain untuk cari brand lain dan aku nemuin beberapa, tapi akhirnya aku cuma beli dua produk dari Bali Alus.

Aku akan tulis review pendek dari semua produk, tapi tetep aja, this is going to be a long post, I remind you! Duduk aja, relax, dan baca pendapatku mengenai produk-produk ini~

Bali Ayu Hand Made Body Lotion - Frangipani
Price: IDR20,000 untuk 100ml
Packaging: botol pump plastik
Scent: jepun —white floral tapi sedikit manis. Soft sillage —tidak terlalu menyebar, moderate longevity —ketahanannya sedang.

Texture: sedikit kental, tapi cepat menyerap. A little goes quite a long way, mudah dibalurkan

Ingredients: Spring Water, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Cinnamomum Burmani (Cinnamon) Bark, Beeswax, Vanilla Planifolia (Vanilla) Fruit, Foeniculum Vulgare (Fennel) Fruit Oil, Piper Cubeba (Cubeb) Fruit Oil, Agar

Result: Aku suka produk ini nggak lengket dan wanginya enaak banget. Wanginya nggak terlalu nyebar, tapi memiliki ketahanan yang sedang (sekitar 4~6 jam). Rasanya sih nggak terlalu melembabkan TAPI ternyata lembabnya tahan lebih lama daripada body lotion kebanyakan yang pernah aku coba. Sayangnya nggak mengandung SPF… Aku prefer body lotion yang ada SPF-nya.
Overall rating: 4.5/5

Bali Ayu Essential Oil - Lavender
Price: IDR25,000 untuk 20ml
What’s it for: sebagai parfum badan, untuk membantu mengatasi insomnia

Packaging: botol kaca

Texture: minyak yang sangat ringan dan cair

Result: Beli ini lebih untuk insomnia yang aku alami, dan memang ini membantu kualitas tidurku jadi lebih baik. Lavender oil juga terkenal dengan wanginya yang menenangkan sehingga dapat membantu untuk anxiety, tapi aku nggak pernah coba untuk yang satu itu. Sebagai parfum badan, wanginya tahan untuk waktu yang cukup lama, tapi nggak menyebar.
Overall rating: 5/5

Bali Ayu Natural Home Spa Soap - Champaca
Price: IDR5,000 untuk ukuran kecil
Scent: cempaka —warm floral

Texture: sama aja dengan sabun batangan lainnya (haha) tapi sedikit lebih keras?

Result: Membuat cukup banyak busa, nggak bikin kulit kering dan ketarik tapi juga nggak melembabkan banget. Aku senang banget dengan wanginya! Walaupun nggak tahan lama setelah dibilas, tapi nggak terlalu masalah untukku. Bagus banget dengan harga yang segitu, dan lebih minim plastik yang digunakan.
Overall rating: 5/5

Bali Ayu Traditional Body Butter - Champaca
Price: IDR25,000 untuk 100g
Packaging: jar plastik
Scent: seharusnya sih wangi cempaka —warm floral, tapi punyaku wanginya kayak coklat/vanila/kelapa —manis. Soft sillage —nggak terlalu menyebar, moderate longevity —ketahanan sedang.

Texture: seperti balm atau balsem, terasa seperti vaseline (occlusive)

Result: Body butter ini punya tekstur yang balmy dan seperti nempel di atas kulit (tidak langsung menyerap) seperti vaseline tapi lebih mudah dibaurkan. Sedikit lebih memakan waktu untuk membaurkan produk ini dengan baik agar nggak lengket. Produk ini juga menahan kelembaban untuk waktu yang sangat lama dan membuat kulitku terlihat bersinar dan sehat! Seharusnya produk ini wangi cempaka, aku bahkan udah bauin tester dari mereka dan wangi cempakanya cukup kuat. Tapi aku nggak tau kenapa punyaku wanginya kayak coklat/vanila/kelapa??? Wangi manisnya melebihi/menutupi wangi floral-nya.
Overall rating: 4/5

Bali Blossom Body Mist - Sensual Frangipani
Price: IDR20/25,000 untuk 20ml

Packaging: botol spray kecil, design-nya cantik & cute
Scent: sweet floral
Sillage & longevity: soft sillage —tidak terlalu menyebar & weak longevity —ketahanannya kurang

Result: Sama seperti body mists lainnya, wanginya cukup kuat ketika pertama disemprot tapi ketika kering jadi tidak terlalu menyebar & ketahanannya kurang. Aku pakai ini sebagai touch-up perfume.
Overall rating: 3.5/5

Bali Alus Cleansing Face
Price: IDR25,000 untuk 100ml
Packaging: botol plastik dengan pump

Texture: gel
Scent: citrusy (lime tepatnya)

Ingredients: Rosa Centifolia Water, citrus aurantifolia fruit extract —lime, Piper Betle (leaf) extract —daun sirih
Claims:
Menghilangkan kotoran, minyak berlebih, mencegah dan mengobati jerawat ~ yes
Kulit terlihat dan terasa tenang, halus, dan nyaman ~ yes
Tidak menyebabkan kulit kering ~ yes

Result: Ingredients-nya adalah ingredients paling simple yang pernah aku liat dari facial wash yang pernah aku coba. Aku nggak berharap banyak, tapi ternyata facial wash ini bagus bangeeet di kulitku! Kulitku jadi terasa bersih, whiteheads berkurang, tapi nggak bikin kulit kering (dan nggak melembabkan juga tapi aku nggak masalah sih). Nggak membuat banyak busa, sangat lembut di kulit. Aku rasa ini cocok banget untuk kulit combination to oily. Sekarang aku jadi pingin coba produk lain dari Bali Alus!
Overall rating: 5/5

Bali Alus Lip Care Balm - Natural Vanilla
Price: sekitar IDR13,000 untuk 4g

Packaging: seperti wadah lip balm biasanya, design packaging-nya cantik

Texture: balm (balsem) yang soft banget to the point hampir benyek
Scent: wangi waxy/balmy (aku gak bisa jelasin) …not in a good way

Ingredients: Beeswax, ricinus communis seed oil —castor seed, Glyceryl Glucoside, Shea Butter (Butyrospermum parkii), polyglyceryl-3 diisostearate, macadamia ternifolia seed oil, Coconut (Cocos Nucifera) Oil, Tocopheryl Acetate —vitamin E, Phenoxyethanol, BHT, Vanila Oil
Claims:
Membuat bibir terasa lembut dan lembab sepanjang hari ~ yes, kecuali untuk claim lembab sepanjang hari

Result: Balm ini aneh… Teksturnya nggak sepadat lip balm pada umumnya. Actually, rasanya kayak vaseline tapi lebih halus dan rich pada waktu yang bersamaan. Cara aku pakai ini adalah aku apply sedikit di bibirku, lalu aku blend pakai jari. Kalau aku apply ke seluruh bagian bibir langsung dari wadahnya, pasti bakal berminyak dan ga enak banget. Uhh… rasanya kayak pakai beeswax di bibir? Bukannya aku pernah coba pakai pure beeswax di bibirku sebelumnya, tapi paling nggak kayak gitulah yang aku kira. Kalau aku pakainya kebanyakan akan berakhir dengan dia menggumpal di bagian dalam bibir, membuat residu warna putih seperti pakai vaseline semalam sebelumnya. Wanginya waxy/balmy, dan masih bisa dibauin setelah beberapa jam. Nggak terlalu melembabkan. Keringnya jadi matte atau powdery finish jadi bagus sepagai lipstick base. Aku akan upload video singkat dari teksturnya ini di Instagram story-ku, jadi pastiin kalian follow aku di Instagram juga!
Overall rating: 1/5



Aku semangat banget sama haul kali ini! Aku jadi mulai berpikir kenapa aku nggak pernah mikir untuk coba barang-barang ini lebih dulu ya. Ngomong-ngomong, kalian suka barang-barang semacam ini juga kah? Apapun yang berkaitan dengan spa dan well-being? Punya rekomendasi? Share di comment di bawah!


PR & collab friendly, please contact me through e-mail or Instagram DM

You May Also Like

0 comments